Screen Shot 2023-12-20 at 14.22.41

Benarkah Konsumsi Cokelat Bikin Gigi Kuning?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Cokelat telah menjadi camilan favorit bagi banyak orang. Namun, ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Nah kali ini kita akan membahas apakah benar mengonsumsi cokelat dapat memengaruhi warna gigi dan meninggalkan noda kuning. Yuk, kita simak artikelnya!

Salah satu alasan utama mengapa mengonsumsi cokelat dapat membuat gigi kuning adalah kandungan tanin dalam cokelat. Tanin adalah senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Senyawa ini memiliki rasa pahit dan cenderung bereaksi dengan protein dan berbagai senyawa organik lainnya, termasuk asam amino dan alkaloid. 

Tanin yang terkandung dalam cokelat dapat berinteraksi dengan permukaan gigi dan membentuk lapisan yang dapat meninggalkan plak serta menyebabkan perubahan warna pada gigi. Untuk mengurangi efek gigi kuning setelah mengonsumsi cokelat, penting untuk segera berkumur setelah makan. 

Berkumur membantu menghilangkan residu makanan, termasuk partikel cokelat dan tanin, yang dapat melekat pada gigi. Tindakan ini dapat membantu mencegah pembentukan noda dan meminimalkan dampak buruk pada warna gigi.

Selain berkumur setelah mengonsumsi cokelat, kamu juga wajib menyikat gigi secara teratur. Salah satu produk yang direkomendasikan untuk mengurangi noda kuning pada gigi adalah pasta gigi Zact, yang mengandung Micro Alumina. 

Micro Alumina terbukti efektif dalam mengurangi noda kekuningan pada gigi, membantu meningkatkan warna gigi menjadi lebih cerah. Selain itu rajin menyikat gigi 2 kali sehari dapat membantu mengurangi noda dan plak pada gigi. 

Meskipun cokelat mengandung tanin yang dapat berpotensi membuat gigi kuning, tindakan pencegahan seperti berkumur dan menyikat gigi secara rutin dapat membantu mengurangi dampak negatifnya. 

Selain itu, produk seperti pasta gigi Zact dengan Micro Alumina dapat menjadi solusi efektif untuk mengurangi noda kekuningan pada gigi. Dengan memberikan perhatian terhadap kebersihan gigi dan pemilihan produk perawatan gigi yang tepat, kamu bisa tetap menikmati cokelat tanpa perlu khawatir terjadi perubahan warna pada gigi kamu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments