Teh Putih, Teh Paling Mahal Produksi Indonesia

Lifestyle
Agustus 21, 2019

Secangkir teh putih yang tersaji selalu berhasil bikin rileks. Siapa sangka, teh putih yang diproduksi dari Indonesia disebut sebagai teh paling mahal lho. Mantap soul!

Kalo biasanya kita bisa mendapatkan teh kering cuma sekitar Rp 25 ribu per kilo, beda halnya dengan teh putih. Untuk satu kilogramnya aja, teh putih bisa dibanderol mulai dari Rp 1,5 juta. Yakin banget, teh putih ini pasti ada istimewanya dibandingkan dengan teh lainnya.

Kalau dilihat sejarahnya, ternyata teh putih ini sudah dikenal sejak zaman Dinasti Song (1279-690 SM). Teh putih ternyata bisa terbilang eksklusif lho, karena cuma Kaisar, keluarga, dan pejabat kerajaan aja yang bisa minum teh putih. Teh putih juga jadi primadona pada era Dinasti Tang (618-907 M). Mereka yakin banget kalo teh putih adalah kunci rahasia kesehatan keluarga kerajaan.

Sementara di Indonesia, teh putih mulai dibudidayakan pada 1878 M di Gamboeng, Jawa Barat. Pada masanya, Indonesia pernah jadi produsen terbesar di dunia. Kualitas dan kandungannya juga diakui oleh The International Society of Antioxidant and Nutrition and Health, Paris. Nggak heran, kalau teh yang diproses dengan ketelatenan ini diekspor ke negara Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara lainnya.

Prosesnya pun harus penuh dengan ketelitian. Teh yang siap panen, dipetik dari daun teh yang kuncup, dan bergulung. Biasanya daun teh punya tekstur berbulu halus. Setelah itu, dijemur sampai beberapa hari dan nggak boleh kena air, untuk meminimalisir terjadinya oksidasi. Teh putih rendah oksidasi menghasilkan rasa yang lembut dan menenangkan.

ZACT People, minum teh putih ini punya manfaat baik buat kesehatan. Teh putih mengandung fluoride, flavonoid, katetekin, dan polifenol. Kandungan dalam teh putih ini berkhasiat sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Kabar baik lagi nih, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Kementerian Pertanian mengemukakan kalau antioksidan dalam teh putih 100 kali lebih banyak dari vitamin C dan 25x lebih efektif ketimbang vitamin E. Bisa dibilang teh putih bisa bikin kamu jadi awet muda. Wah, siapa yang nggak mau?

Jangan pernah anggap remeh urusan ngeteh. Walaupun harganya mahal, teh putih punya manfaat luar biasa buat kesehatan ZACT People. Biarpun begitu, jangan lupa jaga kesehatan gigi juga ya. Keseringan minum teh juga meninggalkan noda kecoklatan pada gigi. Formula Stain Fighter yang terkandung dalam ZACT ampuh mengangkat noda bandel pada gigi 3x lebih baik. Yuk, pindah ke ZACT sekarang!

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan