Siapa saja pahlawan badminton Indonesia

Lifestyle
Agustus 16, 2021

Bicara pahlawan badminton Indonesia juga punya pahlawan di bidang olahraga. Tak sedikit dari mereka berhasil mengibarkan sang merah-putih di tiang tertinggi gelaran olahraga kenamaan dunia, Olimpiade.

Salah satu capaian itu diraih lewat bulu tangkis. Cabang olahraga yang satu ini memang terkenal sukses mempertahankan budaya medali emas di pesta olahraga terakbar dunia tersebut

Sukses mengumandangkan Indonesia Raya di berbagai belahan dunia, ini deretan Pahlawan Olahraga Indonesia dari cabor bulu tangkis:

1. Susi Susanti

Mewakili indonesia pada Olimpiade Barcelona 1992, Susi Susanti berhasil membawa pulang medali emas mengalahkan Bang Soo-hyun dari Korea Selatan di partai final.

2. Alan Budi Kusuma

Bersama-sama dengan wakil Indonesia, Alan Budi Kusuma berhasil mendapatkan Medali Emas mengalahkan Ardy Wiranata. Pada tahun ini Tunggal Putra mendapatkan 3 medali sekaligus Emas, Perak dan Perunggu.

3. Rexy Mainaky / Ricky Subagja ( Ganda Putra)

Olimpiade 1996 Atalanta, menjadi bukti bahwa Indonesia berhasil melahirkan talenta baru untuk menjadi top dunia dengan wakil ganda putra Rexy Mainaky & Ricky Subagja telah mengalahkan wakil Malaysia Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock.

4. Tony Gunawan / Candra Wijaya (Ganda Putra)

Selanjutnya iliran bagi Tony Gunawan & Candra Wijaya sebagai penerus Medali Emas di Olimpiade Sidney 2000 mengalahkan Lee Dong Soo/Yoo Yong Sung asal Korea

5. Taufik Hidayat

Setelah 12 tahun, akhirnya Taufik Hidayat dapat mengharumkan Tunggal putra untuk kedua kalinya mengalahkan wakil Korea yaitu Seung Mo Shon

6. Hendra Setiawan / Markis Kido

Generasi penerus ganda putra satu ini juga tidak kalah hebatnya, berhasil mengalahkan perwakilan negara lainnya pada Olimpiade Beijing 2008

7. Tantowi Ahmad / Liliyana Natsir ( Ganda Campuran )

Merupakan Ganda Campuran pertama Indonesia yang berhasil membawa pulang Medali emas pada Olimpiade Rio 2016 di Brazil.

8. Greysia Polli / Apriyani Rahayu ( Ganda Putri )

Apriyani Rahayu dan Greysia Polli, pasangan ganda putri Indonesia cabang olahraga bulutangkis ini sukses membawa nama Indonesia kepada kemenangan. Keduanya berhasil memenangkan dan membawa pulang medali emas pada final Olimpiade Tokyo 2020.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan