Sejarah perkembangan sikat gigi sampai saat ini

Dental
Mei 20, 2021

Apakah kamu tahu? ternyata memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi sudah dilakukan manusia sejak lama, bahkan sejak zaman prasejarah loh.

Sikat gigi diperkirakan ada sejak 3.500 SM oleh bangsa Babilonia dan Mesir. kedua bangsa ini menggunakan Chewingstick (stik kunyah) sebagai sikat gigi. stik kunyah ini mereka ambil dari kayu tanaman Salvadora Persica atau yang kita kenal dengan siwak.

Tanaman ini dipercaya sebagai obat dan memiliki kemampuan antiseptik. Cara menggunakan stik kunyah ini adalah dengan menggigit-gigit ujung stik lalu digosokkan ke gigi hingga lama-kelamaan serat kayunya membentuk seperti bulu sikat. selain itu, ujung kayunya di runcingkan untuk membersihkan sela-sela gigi.

Kemudian, sikat gigi berbulu pertama diciptakan saat Dinasti Tang sekitar tahun 619 hingga 907. saat itu, bulu sikat terbuat dari bulu babi musim dingin. bulu babi ini tumbuh sangat kaku sehingga menghasilkan bahan yang kuat untuk sikat gigi.
Penemu pertama sikat gigi modern berbulu baru sampai di Eropa sekitar abad ke-18 ditemukan oleh William Addis dari Inggris. Ia membuat sejumlah sikat gigi yang terbuat dari bulu kuda dan tulang.

Sekitar tahun 1937, sikat gigi dengan bulu hewan mulai ditinggalkan. Hal ini ditandai dengan dibuatnya sikat gigi berbulu nilon pertama oleh Du Pont Laboratories. Sikat gigi berbulu nilon dianggap lebih higienis dibanding bulu hewan. Nilon yang lebih lembut dibuat untuk kenyamanan menyikat gigi. Sikat gigi berbahan polimer ini merevolusi sikat gigi yang ada kini.

Teknologi dunia terus berkembang salah satunya seperti pada teknologi sikat gigi. Kini kita dengan mudah menemukan berbagai variasi sikat gigi. Mulai dari gagang lurus, miring, hingga melengkung. Kepala sikat gigi juga tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk berbagai jenis usia.

Tak menutup kemungkinan di masa mendatang, sikat gigi terus berkembang.

Stay Healthy and keep Smile~

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan