Sebuah Kerajinan Tangan dari Bungkus Kopi yang Bernilai Seni Tinggi

Lifestyle
Juli 19, 2021

Siapa yang tidak tahu dengan minuman yang satu ini. Selain memiliki warna yang hitam dan coklat, kopi juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Kopi, sudah menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang karena aroma dan rasanya yang nikmat.

Setelah mengonsumsi kopi, biasanya bungkus kopi kita buang begitu saja karena dianggap sebagai sampah yang sudah tidak berguna lagi. Padahal, jika bungkus kopi ini berada di tangan orang yang kreatif, maka akan di sulap menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi salah satunya seperti pembuatan tas.

Tidak hanya itu, cara pembuatan tas dari bungkus kopi ini termasuk ramah lingkungan karena bisa membantu mengurangi sampah plastik. Karena sampah plastik termasuk ke dalam jenis sampah yang susah terurai.

Maka dari itu, mendaur ulang dengan cara membuat tas dari bungkus plastik kopi ini harus kamu coba. Bahkan tas daur ulang ini bisa kamu gunakan untuk membawa belanjaan.

Berikut ini beberapa cara pembuatan tas dari bungkus kopi.

Alat dan Bahan

1. Bungkus plastik kopi
2. Gunting
3. Penggaris
4. Jarum dan benang
5. Kain furing
6. Resleting

Cara Pembuatan

Pertama, siapkan bungkus plastik kopi merek apa saja kemudian gunting bagian atas dan bawahnya. lalu bersihkan bungkus kopi menggunakan air yang mengalir kemudian keringkan. Mengeringkan bungkus kopi ini bisa kamu lakukan dengan cara dijemur atau di lap menggunakan kain yang bersih.

Kedua, gunting bungkus kopi menjadi dua bagian yang sama rata sehingga dalam satu bungkus kopi menjadi 2 buah potong. Kemudian lipat bungkus kopi tersebut dengan melipat 2 cm kebagian dalam pada ujung atas dan bawahnya, sehingga lebar lipatan menjadi 3 cm, kemudian anyam bungkus kopi tersebut menjadi berbentuk baling-baling.

Jika kamu memiliki 200 bungkus kopi, maka nantinya kamu akan memiliki 400 lipatan bungkus kopi. Kamu juga bisa membuatnya dengan tetap memperlihatkan sampul bungkus kopi tersebut. Ataupun kamu bisa membaliknya agar nantinya tas yang kamu buat berwarna silver.

Setelah seluruh anyaman baling-baling selesai dibuat kamu bisa menggabungkan anyaman-anyaman tersebut dengan membuat sudut tegak dari bawah ke atas atau sebaliknya. Hal ini dilakukan agar tas yang kamu buat bisa dianyam ke arah atas. Pada proses ini kamu harus memiliki ketelitian dan kesabaran yang lebih.

Jika kerangka tas dari anyaman sudah jadi, kamu hanya perlu merapikannya dengan menjahit pada bagian atas tas. Hal Ini dilakukan agar anyaman tersebut tidak mudah terlepas.

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan kain furing atau kain polos pada bagian dalam tas. Pastikan kain yang digunakan tidak terlalu tipis. Satukan kain dengan tas dari bungkus kopi tersebut menggunakan jarum dan benang jahit. perhatikan juga jahitan yang kamu gunakan harus kuat dan rapih.

Kemudian tambahkan resleting dan tali untuk mempercantik tas. Setelah bagian dalam tas dijahit dengan kain, maka kamu bisa menambahkan resleting pada tas. setelah itu, pada talinya kamu bisa menggunakan tali kur untuk mempermudah atau menggunakan anyaman dari bungkus kopi ini.

Jika kamu ingin menggunakan bungkus kopi sebagai tali tas, kamu harus membuat dengan lipatan yang masih tersisa. Kamu cukup membuatnya menjadi bentuk segitiga dan gabungkan satu dengan lainnya menggunakan jahitan.

Stay Creative~

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan