Resep Dalgona Coffee Anti Gagal!

Coffee
April 10, 2020

Bro Sis, masih lanjut nih perjuangan #DiRumahAja, gimana masih pada semangat donk! Kalo udah masuk waktu tengah siang bolong, udah mulai suntuk kerja, atau udah stuk ngerjain tugas kuliah, udah paling bener dibikin santai dulua aja. Break dulu sebentar, sambil bikin minuman yang dingin-dingin biar mata seger!

Nah, udah coba minuman yang lagi kekinian ini belum? Dalgona Coffee.

Asal Muasal Munculnya Dalgona Coffee

Jadi, es kopi ini emang munculnya pas banget saat sedang ada pandemi wabah Covid19. Orang yang #dirumahaja yang udah pada kangen ngopi di café, mulai deh bebikinan kopi ala kafe ini di rumah dan dipajang di sosmed. Siapa juga yang nggak ngiler sih liat penampakan kopi dingin yang cantik, kelihatan nikmat banget, pasti pengen langsung nyeruput, deh! Awalnya kopi ini mulai dikenalkan sama seleb Korea Selatan, otomatis langsung rame dibikin juga sama netijen KorSel, lama-lama tren nya sampe deh ke Indonesia.

Nama Dalgona sendiri diambil dari nama camilan manisan dari Korea Selatan. Dalgona semacam permen manis yang lembut seperti spons. Nah, foam lembut di lapisan atas kopi ini diibaratkan si manisan Dalgona, jadilah nama yang beredar menjadi Dalgona Coffee.

Buat Kuy!

Seperti namanya, kunci dari kesuksesan Dalgona Coffee itu ada di foam atau busa kopi lapisan paling atas dari minuman ini. Untuk dapetin foam kopi yang cantik mengembang ini butuh bubuk kopi instan yang tanpa ampas, ingat, TANPA AMPAS, ya! Jangan harap foam akan berhasil mengembang kalau kamu pakai kopi bubuk sembarang atau kopi bubuk yang ada ampasnya. Percaya, deh, udah banyak juga yang gagal!

Lalu yang perlu diingat lagi adalah rasio atau perbandingan resep di pembuatan foam, rasionya 1:1:1. Jadi semisal pakai 2 sendok bubuk kopi, butuh 2 sendok gula pasir dan 2 sendok air panas saat membuatnya. Pasti berhasil!

Resep Dalgona Coffee Anti Gagal

Walaupun keliatan fancy, tapi ternyata buatnya gampang banget. Ini resep anti gagal bikin Dalgona Coffee.

  • 2 sdm kopi bubuk instan tanpa ampas
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • Susu UHT dingin
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan kopi bubuk, gula dan air panas dalam wadah sedang.
  2. Kocok dengan whisk manual, atau kalau mau nggak pegel, pakai mixer electric dengan hanya menggunakan 1 tangkai alat kocok.
  3. Kocok hingga mengembang dan kental. Sisihkan
  4. Sementara itu siapkan gelas yang sudah diisi es batu dan tuangkan susu putih setengah gelas.
  5. Tuang foam kopi di atas susu putih di gelas. Jadi, deh siap dinikmati!

Baja juga: Gigi Bernoda Detected!

Seger banget Bro Sis! Kalo udah sekali nyoba bikin dan berhasil pasti bakal jadi ketagihan, nih! Eits, ngopi boleh jalan terus tapi gigi harus bebas noda, jadi selalu gunakan selalu Zact setiap kali kamu sikat gigi, ya!

#DiRumahAja #PindahKeZACT #DalgonaCoffee #ZACT #DiRumahAja

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan