Ternyata penyebab gigi kuning bukan cuma dari kopi!

Coffee Lifestyle
Maret 22, 2021

Gigi kuning merupakan masalah gigi dan mulut yang sering terjadi. Hal ini membuat anda merasa tidak percaya diri, untuk menunjukan gigi kuning anda kepada banyak orang. Ternyata bukan hanya kopi saja yang dapat membuat gigi berubah warna dari putih menjadi kuning, tetapi banyak hal lain yang dapat menjadi faktor utamanya.

Banyak orang yang mungkin mengira bahwa minuman kopi berasal dari Eropa. Tapi ternyata sejarah awal minuman kopi dipopulerkan dari bangsa Arab. Biji kopi awalnya terkenal berasal dari sebuah daerah di Afrika, akhirnya biji kopi ditemukan oleh pedagang Arab dan dijual ke berbagai negara melalui pelabuhan.

Negara Eropa yang tertarik dengan biji kopi, mulai membuat perkebunan sendiri untuk mengalahkan bangsa Arab sebagai komoditas terbesar saat itu. Namun usaha itu tidak berhasil karena iklim Eropa yang membuat tanaman kopi tidak tumbuh dengan baik. Kemudian bangsa Eropa membudidayakan kopi di daerah-daerah jajahan mereka salah satunya di Indonesia. Upaya bangsa Eropa berhasil mengalahkan bangsa Arab dan menjadi komoditas kopi terbesar.

Kopi yang memiliki warna hitam pekat, memiliki rasa dan aroma yang khas, namun mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dibalik kenikmatan secangkir kopi, kopi disebut sebagai salah satu faktor utama penyebab gigi kuning.

Gigi kuning bisa disebabkan oleh kebiasan sehari-hari yang mengikis lapisan terluar gigi yang biasa disebut dengan enamel, berikut diantaranya :

1. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia membuat lapisan terluar gigi yaitu email gigi, akan menipis dan merubah warna kulit gigi menjadi kuning, tidak berwarna putih gading seperti warna gigi sehat pada umumnya. Maka dari itu banyak orang tua yang warna gigi berubah menjadi kuning.

2. Makanan dan Minuman Tertentu

Makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki pengaruh pada perubahan warna gigi. Makanan dan minuman yang mengandung kafein dan pewarna buatan dengan dosis yang tinggi dan dikonsumsi terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan gigi, karena akan menimbulkan noda pada lapisan terluar gigi. Paparan asam dari kafein akan merusak gigi dan membuat warna gigi berubah, hal inilah yang membuat gigi akan lebih cepat menguning.

3. Merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab paling umum, gigi berubah warna menjadi kuning. Kandungan yang terdapat didalam rokok, seperti tembakau dan zat-zat lainnya dapat merusak enamel gigi dan dapat merubah warna gigi menjadi kuning.

4. Jarang Membersihkan Gigi

Kegiatan menyikat gigi dua kali sehari masih sering dianggap sepele dan mudah dilupakan oleh kebanyakan orang. Padahal hal ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi. Kotoran yang menumpuk akibat tidak menggosok gigi, akan membuat munculnya plak yang lama-kelamaan akan merusak gigi apabila terus didiamkan.

5. Menyikat Gigi terlalu Keras

Walaupun sudah rajin menggosok gigi, ternyata juga dapat membuat gigi berubah warna, apabila cara menggosok gigi yang dilakukan masih salah. Banyak orang yang berpikir apabila menggosok gigi dengan keras, akan membuat kotoran di gigi akan hilang dengan cepat, padahal menyikat gigi terlalu keras akan mengikis enamel gigi, sehingga mengekspos lapisan dentin yang berwarna kuning.

6. Penggunaan Obat Kumur

Obat kumur biasanya ampuh untuk mengatasi kuman pada plak gigi sehingga membuat gigi menjadi lebih bersih dan sehat. Namun zat asam yang terkandung didalam obat kumurlah yang membuat lama-kelamaan gigi menjadi kuning. Boleh saja menggunakan obat kumur, namun ada baiknya untuk membatasi penggunaan obat kumur dan memilih produk obat kumur yang mengandung zat-zat yang lebih baik.

7. Riwayat Medis Tertentu

Beberapa penyakit juga dapat merubah warna gigi menjadi kuning karena merusak lapisan enamel dan dentin. Bahkan pengobatan tertentu juga dapat menyebabkan hal serupa, misalnya radiasi di leher dan kemoterapi. Terdapat juga kasus lain yang terjadi pada ibu hamil yang mengalami infeksi juga dapat berimbas pada perkembangan enamel janin, yang mungkin akan lebih menguning pada umumnya.

8. Obat-Obatan

Penggunaan sejumlah obat dalam mengonsumsi obat sebagai penyembuhan juga memiliki pengaruh terhadap perubahan warna gigi, kandungan yang terdapat didalam obat-obatan dapat menghambat perkembangan enamel gigi, terutama pada anak-anak dibawah usia 8 tahun.

Berikut adalah beberapa faktor lain penyebab berubahnya warna gigi yang menguning, kopi hanyalah sebagian penyebab, bukan penyebab utama. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan gigi, dengan perawatan yang benar, agar tidak merubah warna gigi dan menjaga gigi tetap sehat.

#PindahKeZACT #ZACT #ZigZACT #3XBetter #DoubleMint #TeethGoals #NewNormal

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan