Nggak Nyangka! Stres Berdampak Buruk pada Kesehatan Gigi

Dental
Agustus 5, 2019

Kerjaan numpuk kayak nggak ada habisnya, marathon sama deadline, dimarahin atasan, masalah sama pacar belom kelar. Aaahhh! Rasanya lebih baik ngangkat lemari, capeknya cuma sekali aja bukannya berhari-hari. Stres!

Pernah nggak sih kamu ngalamin stres sampai-sampai berpengaruh sama kesehatan fisik. Stres memang punya dampak negatif untuk tubuh kita, mulai dari sakit kepala, punggung, tekanan darah tinggi, bahkan penyakit jantung. Duh, amit-amit jangan sampai deh.

ZACT People, selain efek yang sudah disebutkan, stres juga dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut kita. Yuk, baca poinnya di bawah ini.

Menggertakkan Gigi

Biasanya dikenal dengan istilah bruksisme, kebiasaan menggesek atau menggertak gigi atas dan bawah. Saat stres melanda, nggak disadari sebagian orang melakukan hal ini. Meski kedengarannya sepele, bila terus-terusan dilakukan bisa bikin gigi jadi rusak, sensitif, dan tumpul karena bisa mengikis enamel gigi.

Sariawan dan Gusi Berdarah

Stres merupakan salah satu faktor terjadinya sariawan. Kok bisa sih? Bagi para sobat sebats, rokok pasti jadi saluran terbaik untuk mengalihkan stres. Kamu jadi lebih banyak merokok dibandingkan sebelumnya. Belum lagi pola makan berantakan saat stres, sehingga pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuhmu nggak seimbang. Hal ini bisa dikatakan, stres bikin sistem kekebalan tubuhmu jadi menurun. Sehingga menyebabkan gusi jadi iritasi, gampang terkena infeksi, hingga terjadinya gusi berdarah.

Mulut Kering

Ada banyak hal terjadi dalam tubuh ketika kamu mengalami stres kronis. Salah satu yang terjadi adalah mulut kering. Ketika seseorang mengalami stres kronis, kerja sistem saraf pusat juga terganggu dan berpengaruh terhadap kerja kelenjar tubuh. Nah, kelenjar saliva yang biasanya melumasi mulut kita, mengalami gangguan produksi air liur. Mulut jadi kering dan mudah menyebabkan kerusakan gigi, gusi, lesi pada rongga mulut, hingga penurunan sistem imun

Bau Mulut

Selain mulut kering, stres bikin ZACT People jadi bau mulut. Stres memicu naiknya asam lambung atau biasa dikenal dengan acid reflux. Asam yang naik inilah yang bikin kita jadi bau mulut atau halitosis saat stres.

Gigi Tanggal

Gigi ompong sebelum waktunya, siapa yang mau sih? Sebetulnya ini jarang terjadi, biasanya ada faktor pencetus dari stres dan penyakit gigi yang memicu gigi jadi tanggal. Nggak Cuma itu, konsumsi obat antidepresan bisa salah satu sebab (yang jarang terjadi) gigi ompong. Karena dengan mengonsumsi ini, ZACT People bisa menekan produksi air liur dan memperbesar risiko masalah kesehatan mulut serta gigi.

Nggak nyangka ya stres punya dampak yang cukup besar terhadap kesehatan gigi dan mulut. Meski kamu banyak merokok, ngeteh, atau ngopi saat stres, tapi tetap dong kebersihan gigi perlu diperhatikan. Supaya gigi kamu tetap sehat dan bebas noda, pakai ZACT aja.  Noda kecokelatan pada gigimu terangkat dan kesehatan gigi tetap terjaga. Belum punya? Nanti pulang kerja mampir ke mini market dan beli ZACT ya. Life must go on, jadi selaw aja!

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan