Metode Seduh Kopi yang Nggak Boleh Dilupakan

Coffee
Desember 25, 2019

Setuju ga nih, kalau siang-siang paling bener, nikmatin es kopi susu kekinian yang tinggal tusuk gelas plastiknya pakai sedotan terus langsung diseruput, segeeerrr…! Tapi sebagai pecinta kopi, pasti kamu juga tau kalau sebenarnya ada banyak cara untuk menikmati segelas kopi. Sejatinya, rasa kopi akan muncul berbeda tergantung dari alat dan cara menyeduhnya. Ada berbagai metode seduh kopi yang bisa bikin kopi seduhan kamu jadi lebih nikmat dan punya cita rasa tersendiri. Inilah berbagai metode seduh kopi yang bisa jadi pilihan ngopi kamu hari ini.

  1. Plunger (French Press)

Metode seduh kopi dengan Plunger atau French Press.

Buat kamu yang baru mulai nyeduh kopi sendiri, Plunger atau yang biasa disebut French Press bisa jadi pilihan, karena cara menyeduh kopinya sangat mudah. Masukkan bubuk kopi ke dalam wadah plunger, lalu seduh kopi dengan air panas, diamkan selama 3-4 menit selanjutnya kamu harus menekan air seduhan menggunakan alat tekannya, tuang kopi ke cangkir dan siap diminum. Dengan French Press, kopi yang dihasilkan akan sangat bold, rendah asam dan rasanya lebih pahit.

  1. Drip V60

Metode seduh kopi dengan metode drip atau tetes.

Yang popular di kalangan pecinta kopi, Drip V60. Sesuai namanya, metode seduh kopi dengan alat berbahan keramik berbentuk seperti cangkir teh ini menggunakan metode tetesan kopi. Bubuk kopi dituang ke bagian corong yang telah dilapisi saringan kertas, lalu seduh bubuk kopi dengan air panas, biarkan air menetes dari sebuah lubang di bagian bawah Drip V60. Seduh perlahan hingga tetesan air seduhan kopi yang tertampung sudah mencukupi gelas. Biasanya prosesnya memerlukan waktu 2-3 menit. Rasa kopi yang dihasilkan Drip V60 akan terasa clean dengan aftertaste yang tidak panjang.

  1. Mesin Espresso

Metode seduh kopi dengan Mesin Espresso.

Mesin Espreso adalah mesin seduh kopi yang banyak digunakan coffee shop, karena memang penggunakaanya sangat praktis dan bisa menghasilkan seduhan kopi sangat cepat hanya hitungan detik. Mesin ini punya ciri khas bisa menghasilkan crema yaitu busa kopi warna cokelat muda di atas larutan kopi. Kopi yang dihasilkan mesin Espreso memiliki rasa seimbang, tingkat asam, manis dan kekentalannya sama.

  1. Syphon

Metode seduh kopi dengan Syphon.

Ini cocok buat kamu yang berjiwa nyentrik. Selain bentuknya yang mirip tabung kimia, cara penyeduhan Syphon juga emang kurang lebih kayak lagi praktik lab, gitu. Syphon pakai teori suhu panas. Awalnya, air bening yang berada di wadah bawah didihkan langsung pakai api, lalu karena suhu panas maka air bening otomatis naik ke wadah atas, di wadah atas inilah bubuk kopi dituang dan diaduk, tunggu sesaat. Ketika wadah bagian bawah suhunya sudah mulai dingin, maka larutan kopi akan kembali turun ke wadah bawah dan siap diminum.

Kopi yang dihasilkan akan terasa kental dengan rasa asam yang lebih rendah karena ada molekul yang lepas saat proses pemanasan.

Nah, itu dia metode seduh kopi yang nggak boleh kamu lupakan. Supaya bisa menikmati berbagai cita rasa kopi seutuhnya, kamu bisa mencoba berbagai seduhan kopi di atas. Tapi, kalau gigi kamu udah mulai bernoda kecokelatan, ada juga yang nggak boleh kamu lupakan, apalagi kalau bukan, Zact! Selalu sikat gigi pakai pasta gigi Zact, supaya gigi kamu bebas noda dan mulutmu bersih wangi sepanjang hari.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan