Manfaat Ampas Kopi yang Bikin Kamu Happy

Coffee
Maret 1, 2021

Waktunya bikin kopi! Abis minum kopi ampasnya jangan dibuang Bro Sis! Mau abis bikin kopi tubruk, seduhan V60 atau sehabis di press, ampas kopi disimpen aja, karena ampas kopi banyak manfaatnya, lho!

Apa aja sih manfaat ampas kopi?

Menghilangkan Bau di Tangan

 

Nih, yang selama #DiRumahAja jadi doyan masak, pasti tau deh kalo bau bawang putih suka nempel lama di jari tangan. Atau saat kamu harus mengolah ikan dan seafood, biasanya tangan akan jadi amis. Atau kalau kamu abis pesta durian, ini juga bakal menyisakan bau duren di tangan. Pokoknya bau-bau-an yang walaupun kamu udah cuci tangan pakai sabun, masih tetep nempel di tangan bisa kamu hilangkan dengan ampas kopi.

Caranya, ambil ampas kopi, oleskan di tangan, sela-sela jari dan kuku, gosok-gosok sebentar, lalu bilas bersih, hasilnya bau tak sedap yang nempel di tangan bakal hilang. Plusnya lagi, tangan kamu bisa terasa lebih halus, karena ampas kopi juga bisa berfungsi sebagai scrub.

Netralisir Aroma di Mobil

 

Siapa yang di mobil suka nyimpen banyak barang? Kadang ada sepatu abis olahraga, pakaian kotor, bekas kotak makan dan lain-lainnya, kalo kayak gitu bisa ninggalin aroma tak sedap di mobil kecintaanmu. Nah, kopi ini punya sifat menetralkan aroma. Kurang lebih teknisnya, si ampas kopi ini akan menyerap aroma tak sedap yang ada di sekitarnya. Bukan untuk wewangian, ya!

Caranya, ambil ampas kopi, keringkan di suhu ruang, lalu masukkan ke sebuah kantong kain atau bisa juga dibungkus dengan kain blacu atau kain kasa, letakkan di sudut mobil, maka ampas kopi akan bantu menetralisir aroma tak sedap di mobil. Buang ampas kopi kalau sudah dipakai lebih dari seminggu, ya.

Oya, trik ini juga bisa dilakukan untuk mengilangkan aroma tak sedap di kulkas.

Baca juga: Lagu Apa yang Paling Sering Loe Denger Pas Lagi Ngopi?

Manfaat Ampas Kopi Buat Usir Nyamuk!

 

Nah, ternyata nyamuk juga nggak suka bau kopi! Lebih tepatnya, ada beberapa serangga yang tak suka bau kopi, seperti semut, ulat dan lebah. Bahkan nyamuk betina akan ogah bertelur di genangan air yang mengandung kopi karena akan merusak telurnya.

Jadi biar nggak banyak nyamuk dan serangga yang mengganggu, kamu bisa taruh ampas kopi di tempat-tempat serangga itu biasa bersarang, niscaya mereka pergi menjauh.

Jadi, buat kamu yang tiap hari ngopi, bisa nih mulai dipraktekkin tips manfaat ampas kopi di atas. Oya, ada satu lagi nih tips buat kamu yang hobi ngopi tiap hari. Biar gigi ngga jadi kuning karena keseringan ngopi, sikat giginya pakai pasta gigi ZACT, ya! Karena ZACT punya kandungan Micro Alumina, yang bisa bantu ilangin noda kuning di gigi akibat sering ngeteh, ngopi atau merokok.
#PindahKeZACT #ZACT #ZigZACT #3XBetter #DoubleMint #TeethGoals #NewNormal

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan