Kopi Jahe, Minuman Khas Jakarta yang Kaya akan Rempah-Rempah

Coffee
Juli 9, 2021

Tahu gak sih, bulan ini kita sedang merayakan hari ulang tahunnya jakarta yang ke-494. Nah, kalian juga perlu tahu nih, kalau kita punya minuman khas jakarta yaitu kopi jahe. Minuman ini sudah menjadi ikonik Betawi loh.

Kopi jahe adalah salah satu minuman kesukaan orang Betawi zaman dulu yang masih dapat kamu rasakan saat ini.

Kopi sebenarnya minuman yang bersifat internasional, tetapi kopi jahe sudah menjadi salah satu minuman khas Betawi yang sangat terkenal di masa lampau, terutama di lingkungan keluarga Betawi Arab.

Masyarakat betawi menyebut kopi dengan sebutan gahwa sedangkan kopi jahe disebut dengan sebutan zanzabil. Perbedaan nama ini disebabkan karena kebiasaan minum kopi yang awalnya berasal dari Timur Tengah (Arab) dan Barat (Portugis) yang didominasi oleh rasa pahit. Kemudian, masyarakat Betawi mencampurkannya dengan beberapa rempah-rempah sehingga minuman kopi tersebut lebih dikenal dengan nama kopi jahe.

Kopi jahe pada zaman dulu sudah tergolong minuman istimewa yang hanya disajikan untuk tamu-tamu yang berkunjung ke keluarga betawi atau di acara tertentu seperti pesta khitanan atau pernikahan.

Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi jahe merupakan minuman aromatik karena terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah seperti cengkih, kayu manis, kapulaga, daun pandan, dan jahe merah. Tentunya minuman ini sangat menyehatkan dan dapat mengusir rasa dingin pada tubuh.

Dalam penyajiannya, kamu juga bisa menambahkan susu kental manis atau gula pasir (opsional) untuk menghasilkan rasa manis yang nikmat. Waktu penyajian kopi jahe yang paling tepat yaitu pada sore dan malam hari.

Melalui sajian kopi jahe, terdapat makna kebersamaan dan keterbukaan dalam berbagi pengalaman dari warga Betawi yang berkumpul, baik dalam acara keagamaan seperti maulidan, khatam alquran maupun kegiatan besar lainnya.

Meski baik untuk kesehatan, minuman kopi jahe ini memiliki efek yang tidak baik ketika diminum berlebihan. Kopi yang terdapat dalam minuman ini selain memiliki kandungan tanin, juga mengandung asam yang bisa membuat enamel gigi menjadi lebih lunak sehingga noda dan kotoran lebih mudah menempel di gigi dan mengubah warna gigi menjadi kuning.

Dilihat dari efeknya, sebaiknya kamu harus melakukan pencegahan dengan cara rajin sikat gigi setelah meminum kopi jahe menggunakan Zact sebagai pilihan pasta gigi kamu.


Khasiat yang terkandung dalam Zact sebagai pasta gigi, dengan memiliki stain fighter dengan formula micro alumina yang dapat menghilangkan noda pada gigi akibat dari kopi, teh dan rokok.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan