Inilah beberapa pilihan seni lukis yang bisa kamu kreasikan menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi

Lifestyle
April 23, 2021

Mendengar kata lukisan sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lukisan merupakan karya seni umum yang sering kita ketahui menggunakan kertas, kuas, dan cat warna. Namun, apakah kamu tahu seni lukis ini bisa dilakukan dengan kantong teh bekas atau ampas kopi loh.
Setelah mengonsumsi teh atau kopi, biasanya kantong teh atau ampas kopi yang masih ada di cangkir kita buang begitu saja karena dianggap sebagai sampah yang sudah tidak berguna lagi. Padahal, jika kantong teh atau ampas kopi ini berada di tangan seniman maka akan di sulap menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Siapa sih seniman itu? dia adalah Ruby Salvious dan Wirastho.

Ruby Salvious merupakan salah satu seorang seniman desainer grafis asal New York, Amerika Serikat, yang mengubah kantong teh bekas menjadi seni lukis yang sangat indah dan memiliki nilai jual yang tinggi. ketekunan dan kreativitasnya mampu menghasilkan karya lukis yang unik dan sempat dipamerkan melalui sebuah pameran di Amerika Serikat.

Selain itu, terdapat juga seniman asal Indonesia bernama Wirastho, pria kelahiran Ponorogo 4 Januari 1979 ini adalah pelukis andal yang menggunakan ampas atau cethe kopi sebagai pengganti cat untuk melukis. Awalnya ia suka minum kopi lalu mencobanya melukis menggunakan ampas kopi pada media tisu berganti ke kertas lalu ke kanvas, ternyata hasilnya sangat bagus. Karyanya sudah cukup banyak dan bahkan beberapa sudah menembus luar negeri. Ia juga pernah mengirimkan karyanya ke beberapa negara seperti Kuwait, Rusia hingga Jerman.

Selain kantong teh dan ampas kopi yang disulap menjadi lukisan unik dan bernilai tinggi, kamu juga bisa menggunakan kandungan tanin pada teh yang menjadi noda sebagai bahan untuk berkreasi dalam melukis.

Dalam proses pembuatan seni lukis yang menggunakan ampas kopi berawal dari Cethe atau ampas kopi yang dikeringkan menjadi bubuk lalu diberi air. sehingga dalam proses melukis harus benar-benar memperhatikan kadar air agar cethe tetap bisa digunakan.
Untuk satu lukisan kecil, setidaknya membutuhkan dua cangkir cethe.
Melukis dengan media kopi relatif sama dengan melukis menggunakan cat air. butuh teknik tersendiri untuk memadukan warna kopi pada kertas atau canvas yang digunakan.
Jadi, itulah beberapa pilihan media yang bisa kamu lakukan dalam mengkreasikan lukisan.
Tidak ada salahnya untuk mencoba menggambar pada media kantong teh atau melukis dengan ampas kopi, voila! sebuah karya seni yang indah dan memiliki nilai jual yang tinggi.
Stay Creative~

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan