Hobi bersepeda? Ternyata kopi bisa membangkitkan semangat bersepeda!

Lifestyle
Desember 21, 2019

Gowes sepeda sekarang ini udah jadi lifestyle, alias sebuah gaya hidup masyarakat Indonesia. Nggak cuma gowes di weekend sebagai hobi, saat ini sudah mulai banyak kaum urban yang akhirnya memilih moda transportasi sepeda untuk mobilisasi keseharian karena bisa lebih mudah melewati kemacetan, dan tentunya juga karena bersepeda punya manfaat yang menyehatkan.

Bersepeda Baik untuk Kesehatan Tubuh

Bersepeda secara teratur banyak manfaatnya, lho! Mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, memperkuat jantung dan paru-paru, memperlancar sistem kardiovaskuler tubuh hingga dapat menguatkan otot, sendi dan keseimbangan tubuh. Dan satu lagi manfaat yang bikin semua orang senang, bersepeda rutin bisa ngecilin perut! Woow!

Ya.. emang, menggowes sepeda untuk yang belum terbiasa cukup melelahkan, apalagi jika harus menempuh jarak yang panjang. Tapi tahukah kamu ada sebuah zat yang bisa meningkatkan semangat saat olahraga? Bahkan zat ini juga sering dikonsumsi para atlet. Zat itu adalah kafein.

Kopi Mampu Menambah Semangat

Nah, ternyata riset menunjukkan kalau minum kopi bisa membuat kamu lebih semangat menggowes dan keampuhannya ini bisa dirasakan oleh pria maupun wanita.

Kenapa bisa begitu? Karena kopi punya kandungan kafein. Kafein itu salah satu sifat utamanya adalah ergogenic. Ergogenik inilah yang bisa meningkatkan performa tubuh. Efek ergogenic di dalam kafein bermanfaat untuk menurunkan rasa lelah otot, meningkatkan kosentrasi otot dan membantu tubuh mengubah asam lemak bebas menjadi sumber energi.

Jadi emang nggak salah kamu membiasakan minum kopi di pagi hari, karena kafein di kopi bisa menambah semangat kamu buat menjalani aktivitas pagi seperti olahraga bersepeda. Sayangnya nih, belum diketahui apakah kondisi ini bervariasi sesuai waktu.

Gimana, udah tau fungsi kopi untuk meningkatkan stamina fisik saat olahraga kan, jadi udah siap gowes, dong? Hehehe..

Kalau udah tau manfaat kopi, kamu harus tau juga efek negatif dari kopi. Nyatanya, keseringan ngopi bisa bikin gigi kamu jadi berubah warna! Oh, no! Jadi, supaya gigi kamu tetap bersih, jangan lupa selalu rutin pakai Zact, 2x dalam sehari, ya!

Selamat gowes!

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan