Hati-Hati, Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Dianggap Remeh!

Dental
Oktober 17, 2020

Gigi berlubang udah jadi masalah umum yang bisa terjadi di semua umur. Masalahnya bisa dari hal yang dianggap remeh. Baiknya cermati lagi penyebab gigi berlubang ini biar bisa punya gigi sehat dan kuat

Mulut Kering

Air liur penting nih, untuk menjaga kelembapan dan kebersihan mulut, juga untuk melawan asam yang diproduksi bakteri di mulut. Jadi, jangan biarkan mulut Bro Sis kering, minumlah air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuh termasuk mulut.

Penyebab Gigi Berlubang Karena Faktor Usia

Mau nggak mau, faktor U atau Umur emang sangat mempengaruhi metabolisme tubuh, termasuk untuk kesehatan gigi dan mulut. Contohnya, semakin bertambah umur maka produksi air liur bisa berkurang, kekuatan gigi juga menurun. Belum lagi ditambah kebiasaan semasa kecil yang kurang baik, kayak hobi makan permen atau kurang asupan kalsium, ini bisa bikin kondisi gigi yang sekarang jadi lebih rapuh.

Punya Penyakit Tertentu

Menurut penelitian, orang yang punya riwayat penyakit asam lambung lebih beresiko mengalami kerusakan gigi. Karena refluks asam lambung bisa mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan bahkan bisa sampai ke mulut. Asam dari lambung yang bertemu dengan asam yang dihasilkan bakteri di mulut bisa mengikis enamel dan dentin gigi. Jika dibiarkan, lama-lama gigi bisa berlubang!

Baca juga: Kopi dan Teh Bisa Bikin Karang Gigi?

Jarang Sikat Gigi

Ini sudah pasti! Gigi dan mulut yang kotor jadi penyebab utama munculnya plak di gigi, sela-sela gigi dan bawah garis gusi. Jika jarang sikat gigi, plak akan menumpuk dan membusuk sehingga membuat gigi berlubang. Klise memang, tapi anjuran sikat gigi 2x sehari benar adanya, lakukan setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Makanan dan Minuman yang Manis

Makanan dan minuman manis adalah kesukaan bakteri di mulut. Bakteri akan menggerogoti sisa gula yang menempel di gigi kemudian menghasilkan asam. Asam yang bercampur dengan liur inilah yang akan membentuk tumpukan plak. Awalnya plak akan menghasilkan lubang kecil tak terlihat tapi kalau didiamkan ya nantinya bisa menjadi lubang besar yang bisa menyentuh saraf gigi. Oh, no!!

Jadi, hati-hati, nih buat Bro Sis yang hobi minum kopi gula aren  atau teh boba, jangan sampai hobi itu bikin gigi Bro Sis berlubang. Abis minum kopi dan teh yang manis kamu perlu sikat gigi dengan benar dan pilih pasta gigi yang dibuat khusus untuk coffee and tea lovers, yaitu pasta gigi ZACT. Karena kopi dan teh bisa bikin gigi kamu menguning, dan ZACT punya formulasi double stain remover power yang bisa bantu ngilangin noda kuning di gigi kamu itu. Hasilnya, gigi jadi sehat terawat sekaligus bebas noda, deh!
#PindahKeZACT #ZACT #ZigZACT #3XBetter #DoubleMint #TeethGoals #NewNormal

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan