Bikin Libur Lebaran Lebih Asyik di 5 Kebun Kopi Ini

Coffee
Juni 11, 2019

Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri untuk ZACT People yang merayakan. Hmm… mumpung masih libur lebaran ada rencana liburan ke mana nih? Selain makan opor ayam bareng keluarga, coba deh rencanain liburan seru lebaran kali ini dengan jalan-jalan ke Kebun Kopi.

Wah, pasti bakal seru banget ya. Apalagi kalu perginya bareng keluarga yang juga penggemar kopi. Kebetulan lagi pada ngumpul, yuk ajak mereka wisata ke Kebun Kopi biar liburan lebaran kali ini bisa makin spesial. Siapa tau di sana bisa langsung icip-icip kopi dari kebunnya langsung.

Kalau kampung halaman kamu emang di daerah Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, bahkan Lombok. Ini dia daftar rekomendasi Kebun Kopi yang bisa kamu eksplor pas liburan.

  1. Kebun Kopi Pengalengan, Jawa Barat

Kalau kamu jagoin kopi Java Preanger, ini dia Kebun Kopi yang wajib kamu datengin. Di sini ZACT People bisa asyik keliling kebun kopi, ngobrol bareng petani, dan menyaksikan bagaimana mereka bekerja. Selain itu, Kopi Malabar yang diproduksi dari Kebun Kopi Pengalengan juga memiliki tempat budidaya kopi luwak. Kamu juga bisa lihat langsung penangkaran luwak yang memiliki standar sistem yang baik lho. Kalau penasaran kenapa kopi luwak itu mahal banget, nah coba cari jawabannya di kebun kopi ini ya, ZACT People.

  1. Kebun Kopi Kintamani, Bali

Mau libur lebaran ke Bali? Jangan cuma ke pantainya aja. Kalau kamu masih punya waktu buat atur itinerary lagi, coba deh sempatkan waktu kamu ke Kebun Kopi Kintamani. Terletak di kaki Gunung Batur, kebun kopi ini memproduksi dua jenis kopi, yaitu arabika dan robusta. Wah, pasti mantap jiwa deh kalo kamu ke sini. Soalnya kamu bisa nikmatin cangkir kopi sambil menatap hijaunya kebun kopi. Daripada minum kopi di kedai kopi yang hype, lebih asyik lagi dong ngopi langsung di sini.

  1. Kebun Kopi Karanganyar, Blitar

Mudik ke Jawa Timur, belum pernah ke De Karanganjar Koffieplantage? Wah, sayang banget lho ZACT People. Sebab ada yang beda nih dari kebun kopi lainnya. Di sini kamu bisa belajar soal kopi dan mengelilingi kebun kopi seluas 250 hektar sambil naik ATV, wow! Kalau kamu mau menyewa ATV, kamu cukup mengeluarkan uang senilai Rp 50 ribu untuk sekali putaran. Kamu juga bakalan disuguhi informasi, karena selalu ada papan penjelasan soal kopi di sepanjang jalan. Asyik kan? Udah gak usah pikir panjang lagi deh buat ajak saudara-saudaramu liburan ke sini.

  1. Kebun Kopi Liwa, Lampung

Tunjuk tangan, siapa yang suka nyeduh Kopi Lampung pas dikejar deadline dan harus bergadang! Nah, ini dia salah satu kebun kopi yang menghasilkan Kopi asal lampung ini. Terletak di Lampung Barat, Kebun Kopi Liwa sudah terkenal dengan kopi robustanya. Ternyata budidaya kopi di Lampung mengalami percepatan lho mulai tahun 1970-1980an. Selain itu, salah satu brand kopi sachet tersohor di Indonesia juga menggunakan kopi asal Lampung ini. Jadi, yang suka minum Kopi Lampung, wajib banget buat cari tahu seperti apa kopimu diproduksi dari tangan petani hingga akhirnya sampai di cangkir kopi kesayanganmu.

  1. Kebun Kopi Dayan Gunung, Lombok Utara

Kalau kamu pernah mendaki Gunung Rinjani, pasti nggak asing sama kebun kopi yang satu ini. Kebun Kopi Dayan Gunung dekat dengan jalur daki Gunung Rinjani. Namun, kebun ini ternyata belum begitu dijadikan sebagai agrowisata nih melainkan masih swakelola aja, ZACT People. Tapi nggak ada salahnya juga kalo kamu penasaran langsung capcus ke sini. Kamu juga bisa nanya-nanya ke petani mengenai proses panen. Nah, buat kamu yang hobi foto-foto, kebun ini punya banyak spot hijau yang mantap banget buat dijadiin feed Instagram.

Pastinya abis keliling kebun kopi, afdol banget menikmati secangkir kopi dan menyaksikan betapa baiknya Tuhan menciptakan tanaman kopi dan bijinya bisa dijadikan minuman seduhan favoritmu. Buat pecinta kopi, secangkir aja kayaknya nggak cukup sebelum menghabiskan hari.

Sebagai pencinta kopi, ada satu hal yang perlu kamu waspadai nih ZACT People. Salah satunya adalah noda kuning kecokelatan pada gigi karena konsumsi kafein. Tapi jangan khawatir dulu. Semuanya bisa kok diatasi dengan mudah dengan satu-satunya pasta gigi yang mengandung formula Stain Fighter yang bisa menghilangkan noda membandel pada gigi. Jangan lupa pakai secara rutin yah!

Nah, nggak usah cemas lagi kalau kamu mau minum kopi. Ke manapun kamu pergi selalu siapkan ZACT di dalam toiletry bag kamu ya. Kalau sudah pergi, jangan lupa tag ZACT di foto kamu ya! 😊

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan