Big No! Hindari 5 Kesalahan saat Cuci Sepatu Kanvas Kesayangan

Lifestyle
Juli 23, 2019

Siapa yang beberapa waktu lalu ikutan ngantre panjang demi mendapatkan sepatu kanvas seri terbaru? Ada yang udah dapet belom nih atau malah kehabisan? Kayaknya sepatu kanvas udah jadi sepatu favorit semua orang. Ada juga yang mengatakan kalo sepatu kanvas yang dipakai semakin buluk, semakin kece dan penuh kesan. Sebuluk apapun itu, penting banget nih nyuci sepatu kanvas sesekali.

Pernah nggak ngalamin pas nyuci sepatu kanvas ternyata warnanya pudar? Atau solnya retak? Duh, sedih pasti! Apalagi sepatu yang dicuci baru aja dibeli setelah antre panjang. Makin sedih banget asli!

Tapi supaya nggak terjebak dari mimpi buruk itu, mending ZACT People perlu menghindari kesalahan mencuci sepatu kanvas berikut ini.

1. Menggunakan sikat pakaian

Beberapa di antara kita pasti pernah ngelakuin ini. Nyikat sepatu dengan sikat pakaian dengan tenaga kuat. Tujuannya cuma satu, buat menghilangkan noda dan supaya bikin sepatu kinclong seperti baru. Metode ini amat nggak disarankan lho ZACT People, soalnya cara ini bikin warna sepatu kanvasmu pudar. Untuk menghindarinya, kamu bisa pakai sikat gigi bekas untuk membersihkan sepatumu, tapi jangan gosok terlalu kencang juga yah.

2. Menggunakan detergen pakaian

Perlu diingat, bahan sepatu beda dengan bahan pakaian. Tentu bahan buat perawatan dan mencucinya juga berbeda dong. Detergen pakaian mengandung bahan kimia yang keras, jadi nggak cocok bila digunakan untuk mencuci sepatu berbahan kanvas. Kenapa? Soalnya detergen bisa bikin sepatu melar dan mengubah ukurannya. Pasti bikin sepatu kamu jadi nggak nyaman deh buat dipakai lagi.

3. Mencuci pakai mesin

Kamu pasti ingin sepatu kanvasmu awet kan? Kalau begitu, jangan masukkan sepatumu ke dalam mesin cuci pakaian. Cara ini membuat sepatumu “berumur pendek” alias nggak awet, karena sepatu terendam lama di dalam air sabun. Makanya lebih baik pencucian sepatu kanvas dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan tangan.

4. Tidak melepas tali sepatu

Memang agak PR sih untuk melepas dan memasang kembali tali sepatu saat mencuci. Kalau kamu ingin sepatumu bersih sempurna, jangan males buat lepasin tali sepatumu. Membiarkannya terpasang saat mencuci, bikin sepatumu cepat rusak. Lagipula, ZACT People juga perlu membersihkan tali sepatu dan lidah sepatu di bagian dalam kan supaya bersih maksimal.

5. Menjemurnya di bawah sinar matahari

Pasti semua orang ingin sepatunya cepat kering, salah satu jalan yang dipilih biasanya menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. No, no. Jangan lakukan ini. Menjemurnya di sinar matahari langsung bikin sepatu kanvasmu jadi mengeras dan bisa bikin warna jadi pudar. Sebaiknya, hindari sinar matahari langsung saat mengeringkan sepatu kamu. Daripada menjemur di bawah sinar matahari, coba deh letakkan di bawah atap transparan atau di tempat yang mendapatkan penerangan dari sinar matahari.

ZACT People, ingat yah, supaya sepatumu nggak rusak saat dicuci, hindari poin-poin di atas. Nah, kalo untuk menghilangkan noda membandel di gigi akibat kafein atau rokok, cuma satu caranya. Sikat gigi dua kali sehari pakai ZACT. Formula Stain Fighter bakal bekerja tiga kali lebih maksimal untuk menghilangkan noda pada gigi. Jangan sepatu kanvas aja yang diperhatiin, tapi gigimu tetep dijaga kebersihannya ya.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan