Awas, Ini Bahaya Memutihkan Gigi Pakai Garam

Dental
Februari 11, 2021

Siapa yang nggak pingin punya gigi putih bebas noda? Semua pasti kepingin, ya! Jadilah banyak resep bertebaran yang bilang kalau resepnya bisa bikin gigi putih, salah satunya memutihkan gigi pakai garam. Tapi, beneran bisa nggak, sih?

Garam Justru Mengikis Enamel Gigi

Kalau sakit gigi dianjurkan berkumur dengan air garam. Itu betul adanya. Karena air garam bisa membunuh bakteri di gigi dan mulut, jadi bisa mengurangi rasa sakit gigi. Tapi kalau garam dipakai untuk memutihkan gigi, ternyata belum ada penelitian yang menyatakan ini benar bisa dilakukan dan juga belum teruji aman, lho!

Diperkirakan cara kerjanya adalah garam ini justru akan mengikis enamel atau lapisan luar gigi sehingga noda yang ada di gigi bisa tersamarkan. Nah, kalau enamel gigi menipis ini justru bahaya dan bikin gigi dalam kondisi yang nggak sehat! Gigi bisa jadi lebih sensitif dan bisa jadi malah nimbulin masalah gigi lainnya.

Belum lagi ada resep yang menggabungkan garam dengan lemon atau baking soda untuk memutihkan gigi. Resep campuran ini malah lebih buruk, kandungan asam pada lemon dan baking soda justru akan lebih mudah mengikis enamel gigi.

Baca juga: Coba Cek Seberapa Putih Gigi Loe?

Cara Agar Gigi Putih yang Benar

 

Daripada coba-coba dan malah jadi salah, ikutin aja anjuran Asosiasi Dokter Gigi untuk membuat gigi tetap putih dengan cara yang baik dan benar.

  • Sikat gigi 2x sehari, masing-masing selama 2 menit.
  • Bersihkan gigi sampai ke sela gigi. Kamu sesekali bisa menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela gigi dengan maksimal
  • Kurangi makanan dan minuman yang bisa bikin noda gigi, seperti kopi dan teh yang punya zat tannin. Zat tanning yang menempel di gigi akan membuat gigimu bernoda kuning kecokelatan
  • Pakai pasta gigi yang bisa membantu gigi kembali putih. Seperti pasta gigi ZACT yang khusus diciptakan untuk para coffee lovers, tea addict dan para perokok karena punya formula double stain remover power, yang bisa ilangin noda kuning membandel yang nempel di gigi.

Untuk pembersihan menyeluruh, kamu juga harus rutin kontrol ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Salam gigi sehat!
#PindahKeZACT #ZACT #ZigZACT #3XBetter #DoubleMint #TeethGoals #NewNormal

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan