Awal Mula Seni Lukis Latte Art Hingga Kepopuleran Profesi Barista di Kalangan Remaja

Lifestyle
Juni 14, 2021

Tahukah kamu, ternyata kopi tidak hanya untuk diminum saja loh. kamu juga bisa mengkreasikannya dengan melukis di atas secangkir kopi. Seni lukis ini dinamakan Latte Art.
Latte art merupakan salah satu minuman kopi yang populer. Rasanya yang tidak terlalu strong dan milky, membuat kopi ini bisa dinikmati siapa saja.

Istilah Latte art pertama kali digunakan oleh penulis esai William Dean Howell dalam tulisannya “Italian Journeys” pada 1867. Ia diberi kredit karena menciptakan dan membawa istilah latte art ke publik.

Ada pula cerita yang mengatakan bahwa istilah latte art berawal dari cappuccino yang dibuat khusus untuk turis Amerika di Italia. Ini karena dulu orang Italia membuat cappucino tradisional dengan mencampurkan susu hangat (bukan steam) dan espresso.

Sementara itu, para turis Amerika kurang suka dengan rasa espresso yang strong. Maka ditambahkan lagi susu supaya rasanya lebih ringan. Sebutan “latte” pada latte art sebenarnya mengacu pada susu steam. Latte art dibuat untuk memunculkan busa yang lezat dan creamy. Ini juga untuk membantu melembutkan rasa espresso yang kuat.

Seiring berjalannya waktu, tren meminum latte art kemudian merambah ke Eropa, Amerika, hingga akhirnya tersebar ke seluruh dunia. Hanya saja dalam pembuatannya, banyak yang mengikuti cara orang Amerika, yaitu menggunakan susu steam.

Seni yang satu ini biasanya dilakukan oleh seorang barista di atas secangkir kopi. Bentuk latte art sangat beragam, kamu bisa membuatnya menjadi gambar hati, angsa, ataupun bunga tulip. Bahkan 3D art juga bisa dilakukan untuk menarik daya tarik sendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan oleh seorang barista dalam pembuatan latte art adalah Milk Jug karena berfungsi sebagai kuas untuk melukis di atas cangkir. Bahannya juga beragam, ada yang terbuat dari stainless steel hingga teflon. Biasanya latte art juga dibantu oleh Motta Latte Art Pen yang berguna untuk menghias latte menjadi lebih indah.

Selain latte artnya yang populer, profesi sebagai barista pun sangat trend dikalangan remaja saat ini. Mereka bisa belajar bagaimana nge mix kopi agar takarannya pas. Bagaimana cara melukis indah di atas kopi dengan teknik khusus yang tidak semua orang bisa untuk melakukannya.

Dengan menjadi barista, kamu bisa memiliki kesempatan untuk bereksperimen dan mencicipi kopinya setiap hari. Selain meminum kopi memiliki banyak manfaat, ternyata mencium bau biji kopi yang wangi bisa meningkatkan mood kamu dalam bekerja.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan