Asal Usul Macchiato, si Kopi “diantara”

Coffee
Januari 21, 2021

Ada yang suka minum Macchiato? Jenis minuman kopi ini tampaknya tidak setenar Cappuccino. Padahal sama-sama dari Italia dan punya ciri khas adanya tambahan busa susu di lapisan atas kopinya. Jadi, apa bedanya dong?

Yuk, cari tau asal usul Macchiato

Asal Usul Munculnya Macchiato

Orang Italia tuh suka banget ngopi. Itulah kenapa banyak varian jenis minuman kopi muncul di negeri ini, Sebut saja espresso, latte, cappuccino dan macchiato. Di negeri asalnya, Macchiato sangatlah dibutuhkan untuk jadi “ganjelan” ngopi di antara dua waktu makan, yaitu diantara sarapan dan makan siang.

Cappuccino biasa disajikan saat sarapan mendampingi roti atau pastry. Nah, saat lagi kerja, di jam nanggung menuju makan siang, pengen refresh otak dengan kopi, orang Italia butuh kopi yang bisa dihabiskan cepat dalam satu tegukan tapi rasanya tidak seberat espresso. Lalu muncullah Macchiato, minuman campuran espresso yang diberi buih susu, disajikan dalam demitasse cup alias cangkir espresso yang mungil itu.

Perbedaan Macchiato dengan Cappuccino

 

Yang utama adalah gelas servingnya, karena Macchiato ini fungsi awalnya sebagai minuman selingan, maka di negara aslinya disajikan dalam gelas ukuran kecil. Lalu selain itu, beda juga rasa dan komposisi kopi hitamnya.

Macchiato lebih strong kopinya dibanding Cappuccino karena terbuat dari secangkir espresso yang kemudian diberi bubuhan 1-2 sendok busa susu. Kalau mau lebih lite lagi, ternyata ada juga varian Latte Macchiato, yang terbuat dari campuran susu dengan espresso yang dipanaskan baru kemudian diberi busa susu di atasnya.

Baca juga: Susah Lupain Mantan?

Itu dia cerita asal usul Macchiato ya, Bro Sis.. Gimana, abis baca jadi pengen buru-buru nyeruput Macchiato nggak? Coba buat sendiri di rumah, aja! Abis ngopi jangan lupa sikat gigi pakai pasta gigi ZACT, ya! Biar noda kuning dari sisa zat tannin kopi yang nempel di gigi bisa hilang, karena ZACT punya Double Stain Remover Power, yang bisa bantu hilangkan noda kuning membandel itu. Gigi bebas noda, deh!

#PindahKeZACT #ZACT #ZigZACT #3XBetter #DoubleMint #TeethGoals #NewNormal

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan