Apa Benar Gula Aren Lebih Baik dari Gula Pasir?

Coffee
Agustus 27, 2020

Kopi Gula Aren sekarang kayaknya udah jadi menu wajib di berbagai brand kedai kopi lokal. Sebelumnya, biasanya kopi disajikan dengan gula pasir atau sirup gula bening. Kini, dengan rasa yang lebih manis gurih gula aren lebih banyak dipilih sebagai pemanis dalam kopi.

Katanya, karena gula aren lebih baik dari gula pasir. Apa iya?

Kandungan Gula Aren Lebih Baik dari Gula Pasir

Dilihat dari asalnya, gula pasir putih terbuat dari tebu, sementara gula aren terbuat dari nira, cairan yang keluar dari pohon keluarga palma, seperti kelapa, aren dan siwalan.

Untuk kandungannya ternyata gula aren lebih baik dari gula pasir. Gula pasir, sudahlah tinggi kalori tapi gizinya sangat sedikit. Sementara, gula aren, dengan jumlah kalori yang hampir sama, tapi punya kandungan manfaat lebih banyak.

Gula aren ternyata punya kandungan mineral seperti kalium, fosfor, zink, zat besi dan tembaga. Selain itu gula aren juga punya sedikit kandungan antioksidan seperti polifenol, flavonoid dan antosianidin. Belum lagi ternyata gula aren diperkaya akan vitamin B8, B1, B2 dan asam folat yang baik untuk tubuh. Walaupun, dari hasil penelitian kandungan-kandungan baik tersebut jumlahnya sangat kecil, tapi berarti di sini gula aren lebih unggul dibanding gula pasir.

Indeks Glikemik Gula Aren Lebih Kecil dari Gula Pasir

Dilihat dari indeks glikemik yang berpengaruh dengan kenaikan gula darah pada tubuh, gula pasir punya indeks glikemik bisa mencapai angka 100 sementara gula aren hanya di angka 35. Semakin tinggi nilai indeks glikemik maka semakin cepat menaikkan kadar gula darah.

Gula aren punya serat inulin yang bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Minum Kopi Lebih Baik Memakai Gula Aren

Jadi, kalau dilihat dari pembahasan di atas, memang lebih baik Bro Sis memilih pemanis kopi menggunakan gula aren dibanding pakai gula pasir, ya. Tapi inget, sesuatu yang berlebihan pasti nggak baik efeknya buat tubuh. Gula aren tetep punya kalori yang ada batasan konsumsi hariannya, lho!

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahun Tentang ZACT

Dan, apapun itu mau minum kopi pakai gula aren atau gula pasir, saat ada gula di dalam campuran kopimu, tentu sisa gula itu bisa menempel di gigi. Jadi abis ngopi harus rajin sikat gigi ya, pakai Zact udah paling bener, deh! Selain bisa bersihin gigi dari sisa makanan dan minuman, Zact punya kandungan Micro Alumina  yang bisa hilangan noda kuning kecokelatan di gigi akibat rajin ngopi.

#PindahKeZACT #ZACT #ZigZACT #3XBetter #DoubleMint #TeethGoals #NewNormal

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan