5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Coffee
Agustus 13, 2021

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan di sejumlah negara, tingkat konsumsi minuman satu ini berada di posisi kedua setelah air putih. Fakta yang menarik, ya? Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas lebih jauh lagi manfaat minum kopi di pagi hari.

Deretan manfaat minum kopi di pagi hari ini wajib kalian ketahui, terutama bagi Anda yang setia mengawali hari dengan secangkir kopi hangat.

Banyak orang menikmati minum kopi saat pagi hari. Namun tak dapat dipungkiri, sebagian lainnya malah merasa bahwa minum kopi ketika perut kosong dapat membahayakan kesehatan.

Anggapan tersebut memang tak sepenuhnya salah, karena sifat asam pada minuman tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Makanya, bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau maag, minum kopi saat perut masih kosong sangat tidak dianjurkan.

Meski demikian, efek kopi dalam meningkatkan produksi asam lambung tampaknya tidak menyebabkan masalah pencernaan bagi kebanyakan orang. Karena itu, meminumnya saat perut kosong tidak akan menjadi masalah jika Anda bukan penderita maag.

Tetapi perlu dicatat ya, Parents, beragam manfaat ini bisa diperoleh jika kopi yang dinikmati tidak diberi tambahan gula berlebih. Lain halnya jika kopi yang dikonsumsi adalah jenis kopi kemasan yang telah diberi banyak gula tambahan hingga krim kental manis.

Penasaran kan, manfaat apa saja yang bisa diperoleh dengan rutin minum kopi di pagi hari? inilah sederet manfaat ngopi yang wajib Anda ketahui.

1. Dapat Meningkatkan Energi dan Fokus

Kopi dapat membantu orang merasa tidak terlalu lelah dan meningkatkan tingkat energi. Hal itu karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein.

Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah kemudian bergerak ke otak Anda. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek dari fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan fungsi mental secara umum.

2. Menurunkan Risiko Parkinson

Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf. Seperti halnya Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui dapat mengobati penyakit Parkinson. Itulah mengapa lebih penting untuk fokus pada pencegahan.
Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko berkisar antara 32 sampai 60%. Dalam hal ini, kafein diduga memberikan bermanfaat untuk mencegah penyakit tersebut.

3. Sumber Antioksidan

Tahukah Parents, kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat memberikan sejumlah manfaat penting bagi tubuh.
Kopi boleh dibilang sebagai salah satu minuman paling sehat di dunia. Jadi, minum kopi bisa menjadi pelengkap sumber antioksidan selain yang Anda peroleh sehari-hari dari buah dan sayuran.

4. Kopi Mengandung Nutrisi Pelengkap

Menyeruput kopi tak sekadar memberi kenikmatan, lho. Namun di dalamnya juga terkandung berbagai zat gizi esensial. Secangkir kopi hitam setidaknya mengandung:

  • Riboflavin atau vitamin B2
  • Asam pantotenat atau vitamin B5 Niasin atau vitamin B3
  • Nah, dengan mengonsumsi kopi secara teratur, maka berbagai manfaat zat gizi tersebut bisa Anda peroleh.

5. Melawan Depresi dan Menghilangkan Stress

Meski masih sering dianggap sepele, depresi adalah gangguan jiwa serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Terlebih lagi, pengaruh sosial media saat ini sangat mungkin memicu terjadinya depresi.

Dalam sebuah studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, perempuan yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko hingga 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi. Studi lain mengungkap, mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari, lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena bunuh diri.

Sebagai coffee-lovers pastinya kalian harus terus menjaga kesehatan gigi yah, karena minum kopi di pagi hari membuat gigi anda sedikit lebih kuning maka solusinya dengan menggunakan pasta gigi yang tepat.

Gunakan Zact sebagai pilihan pasta gigi kamu. Karena khasiat yang terkandung dalam Zact memiliki 3 kali stain fighter untuk membantu mengurangi noda di gigi akibat dari mengonsumsi kopi, teh, dan rokok.

Dengan cara itu, kamu tidak khawatir lagi, sehingga kamu tetap bisa merasakan nikmatnya kopi setiap pagi.
Happy Drinking and Keep Healthy~

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan