Udah Jago Bikin Kopi, Harus Tahu Cara Simpan Kopinya Yang Benar Biar Tetap Nikmat

Coffee
April 5, 2019

ZACT People, saat level kecintaan kamu sama kopi udah setinggi itu, pasti ada rasa penasaran gimana caranya bikin kopi sendiri yang enak. Ngerasa nggak puas pesan kopi di kedai kopi, kamu mau nikmatin menggiling atau grinding biji kopi sendiri di rumah. Tapi, ada catatan yang perlu diperhatiin dalam memilih maupun menyimpan biji kopi, apalagi kopi yang sudah digiling.

Bukan cuma hati tapi kopi juga ternyata adalah benda yang sensitif. Simpan kopi di tempat dan dengan cara yang salah akan ngerubah rasa asli dan kesegarannya. Biar kopi kamu tetap nikmat, ini ada beberapa hal yang harus kamu lakuin biar si kopi giling kamu tetap fresh dan nikmat.

Jangan Simpan Di Tempat Lembap, Pilih Tempat Kering

Kopi harus disimpan di tempat yang kering. Kopi yang kelamaan kena suhu lembap bisa menimbulkan rasa dan aroma asam. Kalau kamu simpan kopi di lemari atau di meja dapur, pastikan nggak dekat kompor atau oven. Dan juga hindari lokasi cerah seperti rak di dekat jendela yang bisa kena sinar matahari secara langsung. Bukan cuma kita yang suka anti matahari, kopipun juga anti matahari ternyata!

Bekukan Biji Kopi di Freezer Sebelum Digiling

Untuk penyimpanan yang lebih lama, disarankan membeli kopi dalam bentuk biji, bukan bubuk. Biji kopi lebih tahan lama sekitar 2 bulan ketimbang dalam bentuk bubuk. Dan biji kopi beku ternyata punya cita rasa yang lebih nikmat. Perbedaan suhu dan konsistensi gilingan biji kopi bikin cita rasa kopi lebih kuat dan pekat. Simpan biji kopi dalam wadah kedap udara, bekukan beberapa jam, giling dan panggang sebentar, lalu seduh dengan air panas. ZACT People pecinta kopi sejati wajib ni cobain cara ini.

Simpan Di Wadah Kedap Udara

ZACT People, udara adalah salah satu faktor yang bisa ngurangin kualitas kopi. Biji kopi dan kopi bubuk harus disimpan dalam wadah kedap udara supaya tetap segar, tahan lama, dan awet aromanya. Simpan dalam wadah kedap udara dengan sistem penutup yang sangat rapat. Lebih baik lagi kalau dimasukkan ke dalam plastik-plastik sesuai takaran satu kali penyajian, kemudian simpan di dalam toples. Jadi lebih praktis kan.

Pilih Toples Dari Bahan Keramik, Metal Atau Gelas Yang Berwarna Buram dan Jauh Dari Sinar Matahari

Simpan kopi di wadah berbahan kaca akan lebih tahan lama dan bisa menjaga kesegaran dari si kopi, tapi harus kamu hindari dari sinar matahari. Nah, lebih bagus lagi kalau wadah penyimpanan yang kamu punya itu berwarna gelap atau berbahan metal, ZACT People. Karena warna gelap akan menekan suhu panas yang bisa masuk ke dalam kopi, jadi cita rasanya pun akan lebih terjaga. Sinar panas bisa membuat kopi lama kelamaan jadi terasa asam dan basi.

Konsumsi Kopi Yang Telah Digiling Dalam Waktu 1- 2 Minggu

Buat ZACT People yang suka menunda-nunda segala sesuatu, sebaiknya kamu nggak nunda-nunda mengonsumsi kopi fresh yang udah kamu giling. Biji kopi yang baik sebaiknya nggak terlalu lama dikonsumsi setelah dia disangrai, Kopi bisa kehilangan nikmatnya karena bisa aja sudah basi. Konsumsi kopi beberapa hari setelah disangrai. Bisa juga kamu membeli kopi dalam jumlah kecil dan berulang-ulang daripada membeli kopi dalam jumlah banyak lalu jadi mubazir numpuk di rumah.

Secinta itu sama kopi sampe dijaga banget cara nyimpennya. Tapi jangan cuma kopinya aja yang kamu jaga, kesehatan dan kebersihan gigi juga perlu kamu perhatiin, ZACT People. Setiap menyikat gigi, pastikan hanya memakai pasta gigi ZACT, karena mengandung formula Stain Fighter yang 3x lebih ampuh membasmi noda kekuningan di gigi kamu akibat kopi. Ingat kopi, ingat juga sama pasta gigi ZACT, sahabat ngopi kamu.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan