Tips Untuk Memilih Sikat Gigi Yang Sesuai Dengan Karakter Gigi

Dental
Januari 22, 2017

Sikat gigi merupakan bagian penting dalam merawat kesehatan mulut dan gigi. Namun untuk memilih mana yang cocok untukmu pasti mengalami sedikit kesulitan? Apalagi sekarang di pasar swalayan terdapat sikat gigi dari berbagai ukuran, warna, kelebihan, dan teknologi. Memang sikat gigi di pasaran semua nampak terlihat sama tapi jangan salah, bahwa sebenarnya berbagai sikat gigi di supermarket itu berbeda. Fungsi dari sikat gigi sendiri adalah untuk membersihkan gusi dan gigi serta membuat nafas kita menjadi segar. Tapi jangan salah tidak semua sikat gigi yang dijual di pasaran cocok dengan karakter mulut dan gigimu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu di pertimbangkan jika kamu membeli sikat gigi.

  1. Sesuaikan Ukuran Kepala Sikat Gigi
    ikat gigi yang bagus adalah sikat gigi yang mempunyai kepala sikat yang mampu mengakses ke semua permukaan gigimu. Baik untuk anak maupun dewasa, pilihlah ukuran yang pas dengan ukuran mulut kamu. Kenapa? Karena bila terlalu besar, akan sulit untuk bermanuver menjangkau area-area yang penuh dengan sisa makanan seperti bagian samping atau bagian dalam mulut dan terutama pada bagian belakang dari gigi geraham. Dan terdapat 2 jenis ukuran kepala dari sikat gigi. Yang pertama ukuran kepala biasa dan kepala ringkas. Ukuran kepala biasa memiliki kelebihan seperti cocok dengan orang yang berukuran mulut normal, dan mudah untuk membersihkan setiap sudut mulut. Sedangkan untuk kepala ringkas memiliki kelebihan ideal untuk orang dengan mulut lebih kecil, dan lentur untuk mencapai bagian rongga mulut.
  2. Sesuaikan Jenis Bulu pada Sikat
    Bulu sikat gigi terbagi tiga jenis: soft (halus), medium (sedang), dan hard (keras). Ahli gigi menganjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang soft- medium. Tapi ini kembali lagi ke cara Anda menyikat gigi. Sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut disarankan supaya tidak melukai gusi dan merusak email gigi.
  3. Pilih Sikat Gigi Yang Nyaman Digenggam
    Pilihlah sikat gigi yang memiliki gagang sikat yang nyaman untuk digenggam dan memudahkanmu untuk menyikat gigi. Sebaiknya jangan tergesa-gesa saat kamu menyikat gigi, pastikan seluruh permukaan gigi tersikat dan ini biasanya memakan waktu 2 – 3 menit. Gagang sikat yang nyaman akan membantumu untuk merasa nyaman saat kamu menyikat gigi.

Itulah beberapa cara yang tempat untuk menyesuaikan sikat gigi dengan karakter mulut dan gigimu. So jangan sampai salah jika memilih sikat gigi dan gunakan ZACT sebagai pasta giginya. 🙂

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan