Perbedaan Antara Ocha dan Matcha

Coffee
Maret 12, 2017

Mungkin beberapa diantara kita sudah pernah mendengar Ocha dan Matcha. Ya kedua nya adalah teh olahan dari jepang yang sangat nikmat dan digemari oleh banyak orang. Dan kini kamu gak perlu lagi mengunjungi restoran Jepang hanya untuk menikmati segelas teh hijau atau sering disebut dengan ocha. Di kedai kopi modern jaman sekarang pun kamu bisa mendapatkan segelas green tea latte. Di kedai-kedai kue dan kudapan, kamu juga bisa mendapatkan kue cubit, biskuit, tart, cokelat, cupcakes hingga martabak dengan campuran dan topping teh hijau. Rasanya yang khas mampu membuat segmentasi pasarnya menjadi tak terbatas. Tapi, masih banyak yang tak mengetahui, teh hijau yang sering digunakan sebagai bahan campuran makanan dan latte itu bukanlah teh hijau ocha, melainkan matcha. Meskipun di kemasan terdapat tulisan matcha, masih banyak juga yang kurang peka dan langsung menyamakan saja ocha dengan matcha. Lalu, apa sih perbedaannya? Nah berikut ini adalah perbedaan antara Ocha dana Matcha.

Oke sekarang mungkin kamu bertanya – tanya apa perbedaan antara kedua teh tersebut oleh karena itu mari kita bahas. Ocha adalah induk dari Matcha. Ocha sendiri adalah bahasa Jepang dari teh hijau, merupakan daun teh yang masih agak utuh. Cara penyajiannya sama dengan teh pada umumnya, yaitu diseduh dan warna air akan berubah menjadi bening hijau kecokelatan. Ketika sudah menjadi secangkir minuman, rasa ocha kurang nikmat bila ditambahkan dengan pemanis.

Sedangkan matcha adalah daun teh hijau yang sudah digiling halus dengan batu hingga menjadi bubuk. Bentuk bubuknya itu mempermudah produsen makanan dan minuman untuk menjadikannya sebagai bahan campuran. Ketika diberi air, teksturnya pun lebih kental. Tak seperti ocha, matcha bersahabat dengan gula dan cream. Itu karena rasanya yang akan bertambah nikmat bila ditambahkan pemanis. Kehadiran matcha inilah yang membuat banyak orang semakin suka dengan berbagai olahan teh hijau.

Dan tak hanya pada produk makanan saja yang mengusung matcha sebagai bahan dasarnya kosmetik kini pun mulai menggunakan matcha sebagai bahan dasarnnya. tak sedikit pula produk kecantikan yang memanfaatkan teh hijau sebagai bahan kandungan aktifnya. Teh hijau yang kaya akan antioksidan dipercaya mampu menghilangkan peradangan akibat jerawat, mencerahkan kulit kusam, dan mengatasi minyak berlebih.

Nah itu dia beberapa perbedaan antara Matcha dengan Ocha, memang sekilas nampak sama tapi sebenarnya keduanya adalah sesuatu yang berbeda. So sekarang kamu ga akan keliru lagi dong ya?

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan