Narkoba Menyebabkan Kerusakan Gigi

Dental
Mei 18, 2017

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Hooman Baghaie dari University of Queensland di Australia, menunjukkan bahwa penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba bisa mempengaruhi kesehatan mulut.

Ya, kecanduan narkoba dalam waktu yang lama bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut dan kerusakan gigi, mulai dari mulut kering, dorongan ngemil yang meningkat, senang menggeretakkan gigi dan erosi kimia dari penggunaan kokain ke gigi dan gusi.

Gaya hidup yang sering bersentuhan dengan narkoba ini juga mempengaruhi kesehatan mulut melalui diet tinggi gula, kekurangan gizi, kebersihan mulut yang buruk, dan kurangnya perawatan gigi secara teratur.

Pasien dengan gangguan penggunaan zat-zat membahayakan dalam obat-obatan tertentu juga berisiko besar terhadap kehilangan gigi, kehilangan gigi non-karies dan penyakit periodontal destruktif.

Selain itu, penggunaan obat-obatan pembunuh rasa sakit dan anestesi juga memberikan kontribusi untuk terhadap kesehatan gigi yang buruk, kata para peneliti, dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Addiction.

Para peneliti menyarankan bahwa dokter mulai men-screening orang-orang dengan gangguan penggunaan zat yang memiliki penyakit mulut dan mulai mengatur untuk melakukan perawatan gigi yang mereka perlukan.

“Mereka harus mempertimbangkan menggunakan preparat bebas gula ketika meresepkan metadon serta memperingatkan pasien tentang risiko kesehatan mulut terkait dengan mulut kering dan keinginan makan makanan manis,” saran Baghaie.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan