Hah, Ternyata Matcha Bukan dari Jepang?

Coffee
Februari 25, 2019

“Nggak mau minum kopi, tapi tetap mau nongkrong di cafe hits kekinian. Enaknya minum apa ya?” Buat kasus kaya gini, kamu bisa minum matcha latte lho.

Nggak cuma bikin segar, matcha juga punya banyak khasiat untuk kesehatan. Makanya, nggak heran kan kalau banyak di antara kita yang memasukkan matcha latte atau green tea latte sebagai list minuman favorit.

Eh, tapi tahu nggak sih ZACT People. Ternyata teh hijau juga menyimpan banyak misteri lho. Buat kamu yang mau tau apa aja fakta menariknya, ungkap lima fakta-fakta uniknya di bawah ini yuk!

Bukan Berasal dari Jepang

Pasti kita selama ini tahunya Matcha berasal dari Jepang. Ternyata salah banget, ZACT People! Matcha pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Tiongkok di abad ke-10. Mereka membawa bubuk teh hijau ini ke Jepang dan memperkenalkannya pada rakyat Jepang. Sampai sekarang, matcha pun terkenal dan sering digunakan dalam upacara-upacara formal khas Jepang.

Dua Cara Penyeduhan yang Berbeda

Matcha punya dua cara penyeduhan yang berbeda, yaitu: Koicha, penyajian dengan teh kental dan Usucha, penyajian teh ringan. Koicha biasanya dihidangkan dalam upacara formal di Jepang. Semangkuk Koicha disajikan untuk para tamu undangan, di mana satu mangkuk itu akan diminum secara bergiliran oleh para tamu. Sementara usucha adalah teh matcha yang dibuat lebih ringan dan tidak pekat. Berbeda dengan Koicha, cara penyajian usuhca diseduh dan disajikan untuk perorangan dalam upacara penyajian teh Jepang..

Mengandung Kadar Kafein yang Tinggi

Salah satu alasan kenapa menu matcha juga banyak kita temui di coffee shop adalah karena matcha memiliki kandungan kafein. Ini dia alasan kenapa matcha sering dijadikan pengganti kopi. Apalagi kalau dibuat bubuk. Soalnya, kandungan kafein pada matcha bubuk tiga kali lipat lebih tinggi daripada secangkir teh biasa.

Ya, meskipun teh hijau punya zat l-theanine yang bisa bikin rileks, nggak berarti teh hijau bisa bikin kamu tidur nyenyak. Makanya, pastikan kamu mengonsumsi matcha paling nggak 6 jam sebelum waktu tidurmu ya! Biar kamu nggak telat pas mau berangkat beraktivitas keesokan harinya.

Pelengkap Kesehatan Meditasi

Ternyata saking tingginya kafein di teh hijau, orang Jepang sering mengonsumsi teh ini sambil meditasi. Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh jadi lebih rileks, serta mendukung proses pembentukan dan penurunan berat badan. Nah, buat kamu yang lagi program buat menurunkan berat badan, pas banget nih untuk sering-sering minum teh hijau.

Baik untuk Kesehatan Gigi

Ternyata oh ternyata, minum secangkir teh hijau setiap hari itu bagus banget buat kesehatan gigi kamu lho. Ini karena sifat antibakterinya yang menekan pertumbuhan bakteri jahat di mulut. Matcha akan menjaga gigi kamu tetap sehat. Jadi, yuk mulai sering minum teh hijau, ZACT People!

Itu dia lima fakta unik tentang Matcha. Memang ternyata si Hijau ini kaya manfaat untuk tubuh kita. Wah, makin semangat deh buat konsumsi si Matcha ini. Jadi kamu tertarik nggak nih buat beralih jadi penikmat matcha, ZACT People? Kalau udah sering minum teh hijau, jangan lupa untuk selalu cek warna gigi kamu ya! Jangan sampai deh, gigi kamu jadi keliatan kuning gara-gara tannin yang menempel di gigi. Biar nggak kuning, yuk buruan pakai pasta gigi yang punya Stain Fighter di dalamnya. Gigi sehat, noda kuning di gigi pun lepas karena kamu sering pakai pasta gigi ZACT. Lengkap deh! Selamat hunting teh hijau ya, ZACT People!

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan