Efek Buruk Menggunakan Tinder

Lifestyle
April 16, 2017

Apakah kamu pengguna aplikasi kencan Tinder? Jika ya, berarti kamu memiliki rasa percaya diri yang rendah sehingga tidak nyaman dengan eksistensi diri kamu di dalam hubungan asmara. Ini bukan asal menebak, melainkan mengutip sebuah hasil studi ilmiah yang dilakukan oleh University of North Texas, Amerika Serikat (AS).

Menurut studi tersebut, pengguna Tinder umumnya memiliki tingkat kemantapan psikososial dan kepercayaan diri yang rendah dibandingkan mereka yang tidak menggunakan aplikasi kencan tersebut. Tidak mengejutkan memang, namun yang perlu diperhatikan adalah hal tersebut mayoritas terjadi pada pria.

Dalam studi yang melibatkan lebih dari 1.300 responden tersebut, pria cenderung tidak memperhatikan tiap wanita yang ditampilkan pada layar Tinder secara mendalam. Tangkapan visual pria tidak mendetail layaknya mayoritas wanita pengguna Tinder. Pria cenderung lebih banyak meng-swap ke layar kiri dibandingkan swap ke kanan, di mana berarti lebih banyak menolak pilihan yang ditawarkan oleh Tinder.

Jika ada yang mengatakan bahwa pengguna pria selalu mencari pengguna wanita yang terlihat good looking, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Studi terkait menunjukkan bahwa pengguna pria justru mencari sosok visual pengguna wanita yang sekiranya mampu mengimbangi kondisi dirinya, di mana kebanyakan berorientasi pada fisik.

“Pengguna pria sering merasa kondisi fisiknya akan sulit diterima oleh pengguna wanita, sehingga mereka cenderung lebih sering swap ke layar kiri. Kalau pun mereka menemukan yang dianggap cocok, terkadang mereka butuh waktu cukup lama untuk mengetuk tanda ‘ya’,” ujar Trent Petrie, rekan penyusun hasil studi terkait.

Hal yang lebih mengejutkan adalah pengguna pria ternyata banyak yang merasa takut gagal di awal ketika hendak melanjutkan kencan yang serius dari Tinder. Tidaklah perlu merasa ragu, kencan pertama kan tidak selalu harus berakhir sempurna. Penjajakan pasti akan menghasilkan dua opsi jawaban, cocok dan tidak cocok. Jika kamu tidak mencobanya, kapan kamu tahu kalau kamu menemukan jodoh yang tepat?

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan