Biji Kopi Indonesia Kualitas Dunia, Udah Coba?

Coffee
Januari 2, 2019

Seruputan kopi pertama itu ternyata bisa menentukan apakah kamu bakal menikmatinya hingga tegukan terakhir atau nggak. Saat ke coffee shop, nggak sedikit orang memilih biji kopi luar negeri seperti Kolombia, Kenya, atau Brazil. Perpaduan rasa pahit, manis, asam, dan karakter buah-buahan bisa bikin kopi punya nilai plus. Tapi yang perlu kamu tahu, Indonesia juga punya biji kopi berkualitas dunia dari daerah yang berbeda-beda.

Mulai dari Sumatera sampai Papua, Indonesia nyatanya punya biji kopi andalan yang bisa dinikmati coffee lovers seperti kamu. Berikut biji kopi Indonesia berkualitas dunia yang perlu kamu coba.

Kopi Wamena

Ini dia biji kopi yang juga disukai banyak orang. Kopi asal Papua ini ditanam di ketinggian 1.500 mdpl dengan suhu 20°C. Cuaca dan kontur tanah ini menghasilkan biji kopi dengan aroma tajam. Bila kamu mau menikmati kopi dengan taste ringan, Kopi Wamena pas banget buat menemani kamu.

Kopi Sumatera

Kopi yang satu ini juga mulai dikenal oleh pecinta kopi dunia. Kopi ini berasal dari Sumatera Utara, seperti Sidikalang, Linthong, Mandheling. Meskipun tiap daerahnya punya karakter masing-masing, tetapi satu karakteristik nggak lepas dari Kopi Sumatera adalah rasa tanah atau earthy dan paduan rempah-rempah. Kopi ini ditanam di ketinggian daerah dan kontur tanah tertentu, sehingga dapat menghasilkan biji kopi berkualitas dunia.

Kopi Java Preanger

Salah satu biji kopi terbaik Indonesia adalah Java Preanger. Kopi ini berasal dari Gunung Puntang, Jawa Barat. Perlu kamu ketahui, kopi ini pernah juga jadi juara pada pelelangan kopi di Atlanta, Amerika Serikat, pada 2016. Biji Kopi asal Puntang ini memiliki harga termahal pada pelelangan “Specialty Coffee Association of America” (SCAA) dengan harga green bean 55 USD per kilogramnya.

Uniknya, kopi Java Preanger punya rasa gulali dan asam yang kuat. Makanya, waktu dihirup rasa kopinya tak kalah memikat. Karena kopi ini punya paduan aroma buah dan bunga-bungaan di dalamnya. Saat menyeruput kopi, kamu mungkin bisa makin ketagihan sampai tetesan terakhir.

Kopi Toraja

Kopi Toraja punya rasa yang dicari-cari oleh para penikmat kopi. Ketika menyesap kopi ini, ternyata punya banyak rasa. Sebelum minum, hirup dan tariklah sesapan pertama. Di situ kamu bisa menemui rasa buah, herbal, kemudian campuran rempah-rempah yang lengkap dalam secangkir kopi ini.

Nah, itu dia empat pilihan kopi Indonesia yang punya kualitas dunia. Jadi, setelah tahu empat biji kopi ini, kira-kira mana nih yang udah pernah kamu coba duluan? Bagi kamu penggemar kopi, coba deh cek gigi kamu. Kalau ternyata di gigi kamu terdapat noda-noda kuning yang bikin nggak Percaya Diri, coba yuk mulai sekarang hindari noda kuning tersebut dengan memakai ZACT Stain Fighter. Noda kuning hilang, kamu pun bisa tambah Percaya Diri.

Share This
Comment

Tinggalkan Balasan